Minggu, 20 Januari 2013

Tentang Kerusakan

Banyak faktor penyebab mesin mobil mati mendadak atau mesin mobil mati secara tiba-tiba, antara lain di sebabkan oleh:
  • Suply bahan bakar ke mesin terhenti
    Terhenti nya suply bahan bakar pun banyak faktor yang menjadi penyebabnya
Mesin Mati Mendadak karena Suplai Premium atau bahan bakar terhenti
Mesin mati mendadak karena suply bahan bakar ke mesin terhenti, dan beberapa hal yang bisa di periksa adalah komponen elektrikal diantaranya sekring, relay fuel pump atau fuel pump itu sendiri. Seperti salah satu contoh dibawah mesin mati mendadak karena fuel pump elektrik, tepatnya di sebabkan oleh rumah soket hangus karena panas, lebih spesifik lagi disebabkan hubungan kontak yang longgar.
Gambar Fuel Pump Mobil Injeksi

Ketika mesin hidup terlihat normal, hasil pengukuran tekanan bahan bakar sebelum di kabutkan oleh injector masuk ke dalam spesifikasi, tetapi setelah beberapa saat lamanya, mungkin setelah mobil jalan 10 km mesin tiba tiba mati.

Gejala yang dapat di analisa kalau soket-tempat terjadinya hubungan kontak-longgar adalah timbul panas, panas bisa di rasakan dengan sentuhan tangan biasa.

Setelah di buka kecurigaan pun terbukti panas pada soket yang bisa di rasakan oleh tangan menyebabkan soket hangus .

Soket Fuel Pump Terbakar

Meleleh atau terbakarnya soket seperti gambar di atas karena hubungan kontak yang longgar, timbul panas dan terbakar.

Setelah diperbaiki kerusakan yang terjadi hasil pengukuran arus listrik yang mengalir ke fuel pump naik 400 mA, rupanya hilang nya 400mA arus ini berubah jadi panas.Pengukuran arus listrik sebelum diperbaiki tercatat 3,9 ampere, setelah diperbaiki naik menjadi 4,3 ampere.

Cara ukur arus listrik pada pompa bensin

Jalan terbaik mengatasi hal di atas dengan mengganti fuel pump unit sekaligus soket nya.

Mesin mati mendadak yang disebabkan tidak ada pengapian

Untuk mesin mobil yang mati mendadak yang di sebabkan pengapian atau tidak ada api di busi, beberapa hal penyebab yang bisa di periksa di antaranya bobin atau koil, distributor kalau masih menggunakan distributor termasuk terdapat igniter di dalam nya serta kabel busi, selain sekring pengapian serta jalur elektrikal pengapian.

Jika mobil tidak menggunakan distributor semisal contoh menggunakan direct ignition system, beberapa bagian yang perlu di periksa adalah sekring, relay pengapian, bobin atau koil pengapin dan atau igniter selain jalur pengapian.

Pada kebanyakan kasus kalau mobil mati mendadak dengan banyak nya model sistem pengapian yang di pakai model mobil sekarang akan sulit menjelaskan karena kasus dan kerusakan komponen yang berbeda.

Tetapi pada intinya di perlukan pemahaman tentang sistem serta pengalaman untuk bisa melakukan trouble shooting akan kerusakan pada sistem pengapian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar